Pelaksanaan Ujian Proposal Disertasi Perdana di Program Studi Doktoral Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta

Program Studi Doktoral Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta (PMAT UNY) berdiri secara reguler sejak tahun 2021, dan hingga saat ini sudah memiliki 3 angkatan mahasiswa yang berkuliah di dalamnya. Mahasiswa Program Doktoral yang masuk pada intake Februari Tahun Pembelajaran 2021/2022 menjadi angkatan pertama, dengan total mahasiswa berjumlah 16 orang. Bentuk perkuliahan yang dilaksanakan berupa jenis perkuliahan semi riset, dimana perkuliahan hanya dilakukan pada semester 1 & 2, kemudian mahasiswa dapat fokus kepada penelitian disertasi pada semester yang tersisa.

 

Salah satu mahasiswa doktoral, Eka Senjayawati, memulai agenda awal semester 3 dengan melaksanakan ujian sidang proposal disertasi. Pelaksanaan ujian sidang ini dilakukan untuk pertama kalinya sejak program studi doktoral pendidikan berdiri. Mahasiswa yang sekaligus bekerja sebagai dosen di IKIP Siliwangi ini, membawa judul sidang disertasi yaitu “Penalaran Analagi dan Generalisasi serta Resiliensi Matematis melalui Implementasi Desain Didaktis Materi Kesebangunan Berbasis RME-Flipped”. Ujian sidang proposal ini dilaksanakan pada hari Selasa, 07 Februari 2023 di Ruang Studi Doktoral Penddikan Matematika. Kegiatan ujian dihadiri oleh Prof. Sugiman, M.Si dan Dr. Elly Arliani, M.Si sebagai Promotor dan Kopromotor, serta Prof. Ariswan, M.Si, Prof. Agus Maman Abadi, M.Si, Dr. Ariyadi Wijaya, M.Sc. dan Dr. R. Rosnawati, M.Si. sebagai Dosen Penguji Disertasi. Dekan FMIPA UNY, Prof. Ariswan, M.Si. sekaligus bertindak sebagai Ketua Penguji memberikan masukan dan arahan, salah satunya adalah besarnya harapan beliau kepada mahasiswa calon doktor di program studi doktoral Pendidikan Matematika agar dapat terus memberikan kontribusi kepada dunia pendidikan, sehingga inovasi di bidang pendidikan matematika dapat terus dikembangkan.

 

Editor: HnR