Smart Tips Choose References: Bekal Mencari Referensi Terkini dan Tren Penelitian bagi Mahasiswa Magister dan Doktoral Pendidikan Matematika UNY

Di masa era revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini, sumber informasi dan ilmu pengetahuan sangat mudah didapatkan dari berbagai macam sumber, terutama yang dapat diakses melalui jaringan internet. Dengan banyaknya informasi yang tersedia, maka dibutuhkan kemampuan ataupun alat yang bisa memberikan efisiensi dalam mencari informasi yang dibutuhkan agar tidak menghabiskan waktu yang terlalu banyak. Hal itu juga berlaku dalam mencari referensi penelitian dalam masa perkuliahan, sebagai sarana untuk mengerjakan tugas, menulis artikel maupun menyelesaikan tugas akhir perkuliahan. Hal ini yang mendasari program studi magister dan doktoral pendidikan matematika universitas negeri yogyakarta mengawali awal semester perkuliahan, dengan mengadakan acara Webinar Smart Tips Choose Reference.


Acara Webinar ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru magister dan doktoral pendidikan matematika universitas negeri yogyakarta intake februari tahun masuk 2022/2023. Terdapat 2 (dua) narasumber yang mendampingi para mahasiswa baru selama acara berlangsung, yaitu Shaheb Alkiram dan Hadi Nur Rahman. Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Panitia dan sambutan yang dibawakan oleh Koorprodi Magister dan Doktoral Pendidikan Matematika, Prof. Sugiman, M.Si. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan dari kedua narasumber dan tanya jawab hingga acara selesai. Materi yang disampaikan antara lain, pemanfaatan berbagai layanan UNY (seperti scopus berlangganan dan sumber lainnya), pengenalan Mendeley sebagai software manajemen referensi, serta tips dan trik terkini mencari referensi artikel dan tren penelitian menggunakan berbagai tools, seperti Publish or Perish, Elicit dan Bibliometrix. Di akhir acara, narasumber menyampaikan bahwa semoga materi yang disampaikan dapat memudahkan mahasiswa dalam mencari referensi dan dapat menunjang kegiatan perkuliahan, agar dapat lulus tepat waktu.