CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

Prodi Doktor Pendidikan Matematika UNY merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) berdasarkan kebijakan pemerintah, visi dan misi UNY dan program studi, serta masukan dari stakeholders. Secara umum, CPL Prodi S3 Pendidikan Matematika UNY mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan khusus, dan keterampilan umum yang selanjutnya dijabarkan lebih rinci sebagai berikut:

Kompetensi lulusan dijabarkan dalam 6 Capaian Pembelajaran Esensial (CPE) sebagai berikut.

CPE     

Deskripsi

CPE 1

 

Memiliki keantusiasan, kemandirian, dan komitmen dalam menerapkan etika dan pengetahuan akademik yang didasarkan pada asas religi.

Having enthusiasm, independence, and commitment in applying academic ethics and knowledge based on religious principles.

CPE 2

Menguasai filsafat matematika, filsafat pendidikan matematika, serta ilmu pendidikan matematika.
Mastering the philosophy of mathematics, the philosophy of mathematics education, and the science of mathematics education.

CPE 3

 

Menguasai teori psikologi dan teori media digital pada pembelajaran matematika.
Mastering psychological theory and digital media theory in mathematics learning. 

CPE 4

 

Menemukenali permasalahan praksis pendidikan matematika serta solusi ilmiahnya
Identify the practical problems of mathematics education and their scientific solutions.

CPE 5

 

Mampu merancang, melaksanakan, serta melaporkan penelitian pada bidang pendidikan matematika yang bersifat interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin
dalam bentuk laporan disertasi serta artikel ilmiah.
Able to design, carry out, and report research in the field of mathematics education that is interdisciplinary, multidisciplinary, or transdisciplinary in the form of dissertation reports and scientific articles.

CPE 6

 

Mampu mengembangkan program pendidikan matematika secara kreatif yang berupa inovasi strategi pembelajaran, multimedia, atau asesmen yang berbasis psikologi dan teknologi.
Able to develop a creative mathematics education program in the form of innovative learning strategies, multimedia, or assessment based on psychology and technology.