Profil Program Studi

Pendirian Program Studi

Terima kasih kepada Tim Inti Pengajuan Ijin Pembukaan Prodi S3 Pendidikan Matematika FMIPA UNY:

1. Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes. (Selaku Rektor UNY pada saat diperolehnya Ijin Pembukaan)

2. Prof. Dr. Ariswan (Selaku Dekan FMIPA UNY pada saat diperolehnya Ijin Pembukaan), 

3. Prof. Dr. Marsigit, M.A. (Selaku Direktur Pascasarjana UNY pada saat awal pengajuan Ijin Pembukaan), dan

4. Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. (Selaku penggerak pengajuan Ijin Pembukaan),

Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd. sebagai Penggerak Pengajuan Ijin Pembukaan Prodi S3 Pend. Matematika FMIPA UNY

 

Terima kasih pula kepada Tim Pendukung proses pendirian: Jajaran Fakultas MIPA, Pengurus Jurusan, Dosen Jurusan, Tim Penjamu, dan tenaga admin yang telah memberikan sumbangsih yang sangat mendukung proses turunnya ijin pendirian prodi. 

 

Ijin Pembukaan Prodi

Naungan hukum atas penyelenggaraan S3 Pendidikan Matematika FMIPA UNY adalah berupa "KEPUTUSAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA - NOMOR 564/E/0/2021 - TENTANG IZIN PEMBUKAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PROGRAM DOKTOR PADA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA DI YOGYAKARTA" yang diterbitkan pada tanggal 27 Desember 2021 (SK Terlampir). Berdasarkan surat keputusan tersebut, Prodi S3 Pend. Matematika UNY mulai menerima mahasiswa baru Angkatan Pertama pada Masa Penerimaan Intake Bulan Februari Tahun 2022. Alhamdulillah, sebanyak 16 mahasiswa baru telah terdaftar sebagai mahasiswa Angkatan Pertama tersebut. 
 

Hasil Akreditasi BAN PT TAHUN 2022 (Status Akreditasi "BAIK")

Program studi yang telah memperoleh persetujuan untuk diselenggarakan berarti secara otomatis terakreditasi Baik. Perihal SK Akreditasi dengan peringkat Baik untuk Program Studi S3 Pend. Matematika UNY telah tertuang dalam "KEPUTUSAN BADAN AKREDITASI NASIONAL PERGURUAN TINGGI NOMOR : 4065/SK/BAN-PT/PB-PS/D/VII/2022 TENTANG PERINGKAT AKREDITASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA PROGRAM DOKTOR UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA, KABUPATEN SLEMAN." [File SK dapat diunduh pada lampiran di bawah] 

 

Hasil Akreditasi LAMDIK Tahun 2024 (Status Akreditasi "BAIK SEKALI")

Setelah dua tahun penyelenggaraan, Program Studi S3 Pendidikan Matematika UNY berhasil memperoleh status BAIK SEKALI. Keputusan status akreditasi dikeluarkan oleh LAMDIK pada tanggal 26 Maret 2024 dengan No. 388/SK/LAMDIK/Ak/D/III/2024 yang berlaku dari tanggal 28 Desember 2023 sampai dengan tanggal 27 Desember 2028.  [File SK dapat diunduh pada lampiran di bawah] 

 

Dosen Pengampu Tahun

1. Prof. Dr. Marsigit, M.A.
2. Prof. Dr. Heri Retnawati, M.Pd.
3. Prof. Dr. Dhoriva Urwatul Wustqa, M.S.
4. Prof. Dr. Sugiman, M.Si.
5. Prof. Dr. Agus Maman Abadi, M.Si
6.. Dr. Djamilah Bondan Widjajanti, M.Si.
7. Dr. Jailani, M.Pd.
8. Hartono, M.Si.,
9` Dr. Karyati, M.Si.
10. Dr. Raden Rosnawati, M.Si.
11.  Ariyadi Wijaya, M.Sc., Ph.D.
12. Endah Retnowati, Ph.D.
13. Wahyu Setyaningrum, Ph.D.
14. Kismiantini, Ph.D.
15. Dr. Sri Andayani, M.Kom.
16. Dr. Kana Hidayati, M.Pd.
17. Dr. Elly Arliani, M.Pd.  
 
Profil Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FMIPA UNY::

1. Pendidik profesional bidang pendidikan matematika: Pendidik profesional di bidang pendidikan matematika berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif di pendidikan tinggi dan lembaga lain yang relevan.

2. Peneliti profesional bidang pendidikan matematika: Peneliti profesional di bidang pendidikan matematika berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif.

3. Praktisi dan pembuat kebijakan di bidang pendidikan matematika: Praktisi dan pembuat kebijakan di bidang pendidikan matematika berdasarkan hasil penelitian atau kajian profesional.

 

Kompetensi Lulusan Program Studi Doktor Pendidikan Matematika FMIPA UNY:

Kompetensi lulusan dijabarkan dalam 6 Capaian Pembelajaran Esensial (CPE) sebagai berikut.

CPE

Deskripsi

CPE 1

 

Memiliki keantusiasan, kemandirian, dan komitmen dalam menerapkan etika dan pengetahuan akademik yang didasarkan pada asas religi.
Having enthusiasm, independence, and commitment in applying academic ethics and knowledge based on religious principles.

CPE 2

Menguasai filsafat matematika, filsafat pendidikan matematika, serta ilmu pendidikan matematika.
Mastering the philosophy of mathematics, the philosophy of mathematics education, and the science of mathematics education.

CPE 3

 

Menguasai teori psikologi dan teori media digital pada pembelajaran matematika.
Mastering psychological theory and digital media theory in mathematics learning. 

CPE 4

 

Menemukenali permasalahan praksis pendidikan matematika serta solusi ilmiahnya
Identify the practical problems of mathematics education and their scientific solutions.

CPE 5

 

Mampu merancang, melaksanakan, serta melaporkan penelitian pada bidang pendidikan matematika yang bersifat interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin
dalam bentuk laporan disertasi serta artikel ilmiah.
Able to design, carry out, and report research in the field of mathematics education that is interdisciplinary, multidisciplinary, or transdisciplinary in the form of dissertation reports and scientific articles.

CPE 6

 

Mampu mengembangkan program pendidikan matematika secara kreatif yang berupa inovasi strategi pembelajaran, multimedia, atau asesmen yang berbasis psikologi dan teknologi.
Able to develop a creative mathematics education program in the form of innovative learning strategies, multimedia, or assessment based on psychology and technology.