Visi Misi

VISI KEILMUAN PRODI

"Menjadi Program Studi yang unggul, kreatif, dan inovatif berkelanjutan dalam pengembangan ilmu pendidikan matematika pada ranah psikologi kognitif dan media teknologi digital"

 

MISI KEILMUAN PRODI


Misi Keilmuan Program Studi S3 Pendidikan Matematika UNY adalah sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan program doktor pendidikan matematika yang inovatif berorientasi pada pengembangan strategi, media, dan model asesmen pembelajaran berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif yang berkualitas tinggi.
  2. Melaksanakan penelitian, pengkajian, dan pengembangan ilmu pendidikan matematika yang inovatif berorientasi pada pengembangan strategi, media, dan model asesmen berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif yang hasilnya dipublikasikan pada level internasional.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika yang inovatif berorientasi pada pengembangan strategi, media, dan model asesmen pembelajaran berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif berdasarkan hasil penelitian.
  4. Mengembangkan jejaring kerja sama yang sinergis dengan berbagai instansi dan lembaga mitra, baik lokal, nasional, regional, maupun internasional untuk pengembangan pendidikan matematika yang inovatif berbasis teknologi digital dan psikologi kognitif

 

TUJUAN PROGRAM STUDI

Berdasarkan misi yang telah ditentukan, tujuan Program Studi S3 Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan dengan gelar Doktor Pendidikan Matematika (Dr.) yang memiliki kualifikasi sebagai tenaga pendidik dan nonpendidik yang profesional, bertaqwa, mandiri, dan cendekia, mempunyai kemampuan meneliti, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu pendidikan matematika, dan memiliki dasar-dasar yang handal untuk mengembangkan lebih lanjut teori dalam pendidikan matematika.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan publikasi ilmiah dalam ilmu pendidikan matematika minimal pada taraf internasional.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di bidang pendidikan matematika dan bidang lain yang relevan dengan pengembangan perilaku kecendekiaan, yang berbasis hasil penelitian yang berkualitas dan berguna bagi pengembangan ilmu dan pembelajaran serta berguna bagi masyarakat Indonesia, regional Asia Tenggara, maupun global.
  4. Menghasilkan program kerjasama yang sinergis dengan berbagai instansi dan lembaga mitra, baik lokal, nasional, regional, maupun global untuk memajukan pendidikan matematika.
     

STRATEGI PROGRAM STUDI

Agar visi & misi yang telah ditentukan dapat diperoleh, strategi Program Studi S3 Pendidikan Matematika adalah sebagai berikut.

  1. Mengembangkan iklim akademik yang kondusif untuk pelaksanaan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berprestasi di tingkat internasional, internasional dan nasional, serta mempunyai keunggulan komparatif dan kompetitif.
  2. Mengembangkan program studi secara terus menerus, sesuai dengan tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan pembangunan nasional dan persoalan pembangunan daerah. Termasuk di sini adalah kebijakan afirmatif untuk memperluas dan memeratakan kesempatan mengikuti pendidikan di FMIPA UNY, sesuai dengan karakteristik kebutuhan daerah dan kelompok khusus yang kurangberuntung, mulai dari lingkungan masyarakat terdekat dengan (di sekitar) FMIPA UNY.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan yang mampu memberi kontribusi signifikan terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan praktik pendidikan, dan perbaikan kehidupan masyarakat, baik tingkat lokal, nasional, internasional, dan internasional. Pengembangan penelitian ini dilakukan secara terpadu dan selaras dengan pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat
  4. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dan berbagai bentuk layanan profesional, sebagai sarana penyebarluasan hasil karya dosen, mahasiswa terutama yang berkenaan dengan karya teknologi tepat guna untuk membantu memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat sehingga dapat menjamin kelangsungan dan keberlanjutan pembangunan menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat secara luas.\
  5. Meningkatkan penerbitan dan publikasi karya ilmiah, hasil-hasil penelitian dosen dan mahasiswa baik tingkat lokal, nasional, internasional, dan internasional. Di samping diseminasi hasil penelitian, pemrosesan HAKI dan hak paten juga didorong dan difasilitasi secara konsisten.
  6. Meningkatkan jaringan kerjasama dalam bidang pendidikan dan kebudayaan, penelitian, serta publikasi ilmiah secara berkelanjutan dengan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri, pemerintah daerah lokal, nasional, internasional, dan dengan dunia usaha dan industri untuk meningkatkan kegiatan peningkatan pendapatan atau kegiatan-kegiatan yang menghasilkan keuntungan material.
  7. Melakukan penataan manajemen prodi dan sumberdaya (SDM), sarana dan prasarana pendidikan, peralatan, perbekalan, bahan, dan dana; selaras dengan tuntutan lokal, nasional, dan internasional.
  8. Menerapkan penjaminan mutu, manajemen strategis dan perencanaan strategis yang baik dengan menerapkan prinsip-prinsip partisipasi, transparansi dan akuntabilitas.