Simposium Desain Pembelajaran: Pegembangan Prinsip Multimedia Learning dan Self-efficacy dalam Perspektif Cognitive Load Theory

.

Pada hari Sabtu tanggal 03 Agustus 2024, Indonesian Center for Cognitive Load Review menyelenggarakan kegiatan simposium bertajuk "Pengembangan Prinsip Multimedia Learning dan Self-efficacy dalam Perspektif Cognitive Load Theory" di Grand Rohan. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan dihadiri oleh 36 peserta yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3 pendidikan matematika, serta masyarakat umum yang memiliki minat dalam bidang pendidikan dan Cognitive Load Theory.

Kegiatan ini menghadirkan Keynote Speaker Endah Retnowati, Ph.D, serta plenary speakers Tista Sugiarti, M.Pd., Sendy Hidayah, S.Pd., Pratama Wahyu Purnama, M.Pd., dan Irda Rafi'ah. Para plenary speakers melakukan presentasi yang mencakup dua tema utama: multimedia learning dan split attention effect. Selain itu ditampilkan juga poster exhibitions berbagai worked examples pemecahan masalah Matematika yang sudah teruji empiris.

Setelah sesi penyampaian materi, peserta dibagi ke dalam lima kelompok diskusi. Setiap kelompok berdiskusi mengenai proposal judul penelitian, instrumen penelitian, data penelitian, laporan akhir penelitian, serta draf artikel. Diskusi ini tidak hanya memperdalam pemahaman peserta tentang topik yang dibahas, tetapi juga meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan prinsip-prinsip Cognitive Load Theory. Indonesian Center for Cognitive Load Review berharap kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui penerapan teori dan prinsip yang berbasis penelitian ilmiah.